Memilih PC dan Modem

Diposkan oleh yana SI GANTEUNG KALEUM Saturday, March 31, 2007
" jangan mati sebelum terkenal "

Memilih PC dan Modem
Agar dapat memanfaatkan akses internet secara optimal, kami sarankan agar anda menggunakan spesifikasi komputer seperti terlampir :
  • CPU. Sebaiknya membeli prosesor / CPU generasi baru (Pentium II atau Pentium III).
  • RAM harus cukup. Memori 16 MBytes sering memperlambat kerja anda, minimal minta diupgrade sampai 32 MBytes (disarankan 64 MBytes)
  • Harddisk. Harddisk dengan tipe IDE cukup murah dan memiliki akses memadai. Tidak perlu membeli Harddisk tipe SCSI yang berharga 2-3 kali lipat lebih mahal.
  • Ukuran Harddisk disarankan minimal 800 MBytes, disarankan minta 4 Giga Bytes.
  • Monitor berukuran 15" jauh lebih nyaman dibanding 14". Pandangan lebih luas dan memudahkan editing.
  • Gunakan Windows 95 (RAM 32 MBytes) atau Windows 98 (RAM 64 MBytes).
  • Pastikan membeli modem yang cocok / kompatibel dengan dengan kemampuan protokol V.90. Dengan protokol ini anda dapat menikmati kecepatan akses hingga 56 kbps. Mintalah penjual agar menginstall driver modem. Instalasi modem dapat dilihat disini.
  • Mintakan penjual agar menginstall software aplikasi internet, misalnya Internet Explorer (kalau bisa versi 5.0 keatas), Outlook Express (untuk e-mail). Anda juga dapat melihat aplikasi internet dan mendownload sofware melalui server kami disini.

Jenis layanan surat melalui internet (E-mail)
Ada dua jenis layanan email yang ada di internet saat ini, yaitu webmail dan mail dengan client (POP3).

Webmail
Untuk layanan webmail, anda hanya perlu mengakses situs mail melalui browses internet anda untuk membuka maupun mengirim e-mail. Contoh layanan webmail ini adalah :
www.plasa.com.

Keuntungan

  • Tidak memerlukan software khusus, cukup menggunakan browser (Internet Explorer atau Netscape) anda dapat menggunakan email.
  • Cocok untuk pengguna pemula, karena tidak perlu instalasi maupun setting software.
  • Cocok untuk pengguna yang menggunakan internet melalui PC secara berpindah-pindah (misalnya di warnet).

POP3 Mail
Untuk menggunakan POP3 mail, anda perlu menginstal software mail client (misalnya : Outlook Express, Eudora Mail), dan melakukan setting sesuai mail server anda. Sebagai catatan, biasanya pada setiap PC Windows telah terinstall Outlook express. Contoh layanan POP3 mail adalam
mail.telkom.net.

Keuntungan POP3

  • Cepat, karena mail akan didownload ke PC anda. Cocok untuk lalu lintas mail yang cukup banyak.
  • Cocok bagi pengguna yang memiliki PC sendiri (tidak berpindah-pindah).

Layanan mail mana yang perlu dipilih ?
Untuk keperluan surat-menyurat, Telkom telah menyediakan layanan mail gratis, baik webmail maupun POP3. Untuk webmail, anda dapat mendaftar di
http://mail.plasa.com/, sedangkan POP3 anda dapat memanfaatkan layanan http://mail.telkom.net (catatan : mail telkom.net saat ini telah dilengkapi interface webmail sehingga anda dapat mem-view via browser).

Sangat kami sarankan agar Anda menggunakan layanan mail di dalam negeri, terutama layanan tersebut diatas. Penggunaan layanan mail luar negeri (misalnya : Hotmail, MailCity, YahooMail) akan merupakan pemborosan bandwidth backbone luarnegeri yang cukup mahal.

Penggunaan mail plasa.com maupun telkom.net selain menghemat bandwidth, layanannya juga lebih cepat karena menggunakan jaringan nasional Telkom.

Bagaimana cara mendaftar mail ?
Cukup anda kunjungi website
http://mail.plasa.com/ atau http://mail.telkom.net, lalu ikuti petunjuknya.

Situs Menarik
Beberapa situs yang menarik untuk dikunjungi adalah :

Mencari situs
Internet menyediakan informasi yang tidak terbatas, yang jadi persoalan adalah bagaimana cara mencarinya. Untuk itu, anda dapat melakukan pencarian dengan menggunakan seach engine.

0 komentar

video

tery

Followers